Pernyataan Sikap Persib Terhadap Kisruh Penyelenggaraan Kompetisi


Persib Bandung
Sikap Persib Bandung terhadap kisruh penyelenggaraan kompetisi sepakbola profesional Indonesia tidak tersurat dengan jelas. Pernyataan-pernyataan yang dilontarkan pengurus selalu menggunakan kata-kata yang diplomatis. Kesan seperti itulah yang ditangkap menyimak pernyataan Direktur Marketing PT Persib Bandung Bermartabat, Muhammad Farhan usai menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Liga Indonesia di Hotel Park Lane Jakarta, Kamis 27 Oktober 2011.

Pernyataan terakhir dari Persib Bandung yang disampaikan oleh Direktur Marketing PT Persib Bandung Bermartabat, Muhammad Farhan adalah bahwa Persib Bandung menilai PT Liga Indonesia masih layak menjadi penyelenggara liga profesional di tanah air. Meski demikian, Maung Bandung menegaskan hanya bersedia tampil pada kompetisi yang diakui oleh PSSI.


"Persib sikapnya jelas akan ikut kompetisi yang legitimasi penyelenggaraannya di PSSI. Kami juga mengakui kompetensi penyelenggaraan kompetisi oleh PT Liga karena mereka yang kami nilai mampu," ujar Farhan kepada wartawan.

Kepada wartawan, Farhan juga mengaku kalau Persib selalu menjunjung tinggi regulasi yang berlaku di PSSI. Karena itu, menurutnya Maung Bandung tidak akan mengikuti kompetisi yang tidak mendapat pengakuan dari PSSI.

"Yang jelas Persib tetap ikut kompetisi yang legal sesuai aturan," ujar Farhan. Namun sayang, Muhammad Farhan tidak mengatakan secara tegas mana yang sesuai aturan di mata Persib, apakah Liga Prima Indonesia atau Liga Super Indonesia.

Mengenai kehadirannya di RUPS PT Liga Indonesia, Farhan mengakuinya sebagai penegasan kalau Persib tidak pernah keluar dari kompetisi kasta tertinggi nasional. Farhan juga tidak terlalu mempermasalahkan klaim PSSI mengenai keikutsertaan Persib di Indonesia Super League (IPL).

Dari semua pernyataan Direktur Marketing PT Persib Bandung Bermartabat, Muhammad Farhan di atas terlihat kecenderungan bahwa Persib akan mengikuti Liga Super Indonesia karena telah menilai PT Liga Indonesia-lah yang mampu menjalankan roda kompetisi. Selain itu Farhan menghadiri RUPS PT Liga Indonesia sebagai penegasan kalau Persib tidak pernah keluar dari kompetisi kasta tertinggi nasional (pernyataan ini mungkin artinya adalah Persib tidak keluar dari Liga Super).
Share this article now on :