Suporter, Kenapa Harus Bermusuhan..


Liga Super Indonesia
Bentrok Suporter (flickr.com)
Setelah sebelumnya saya memposting Catatan Kecil Tentang Liga Super Indonesia, kali saya khusus ingin menyoroti masalah suporter sepakbola di Indonesia.

Hal yang sangat menggembirakan buat saya adalah bahwa hampir setiap klub Liga Super Indonesia mempunyai suporter yang fanatik. Kehadiran mereka di stadion menambah meriah pertandingan. Apalagi para suporter ini biasanya tampil ekspresif dan aktraktif.

Namun dibalik itu ada hal yang membuat saya sedih, yaitu adanya ketidakharmonisan diantara beberapa kelompok suporter. Bahkan lebih dari itu ada di antara kelompok suporter itu yang saling bermusuhan satu sama lain.

Hati saya terasa miris karena permusuhan tersebut sengaja atau tidak sengaja diwariskan kepada anak-anak kecil tidak mengerti apa-apa. Sering saya dengar anak-anak kecil menyanyikan lagu yang mengobarkan permusuhan dengan kelompok suporter tertentu. Bukan hanya lewat lagu, permusuhan juga disebarkan melalui t-shirt/kaos dan juga stiker.

Entah apa yang ada di benak mereka yang melestarikan permusuhan dengan kelompok suporter lain. Mereka memproklamirkan diri sebagai pendukung klub yang setia. Tapi sesungguhnya sikap permusuhan mereka justru merugikan kesebelasan yang mereka bela.

Sebagai ilustrasi coba bayangkan, andai saja suporter Persija Jakarta dengan suporter Persib Bandung bisa akur, berapa puluh ribu penonton yang datang ke stadion??? Berapa ratus juta klub mendapatkan keuntungan dari tiket??? Namun karena mereka tidak akur klub tidak bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. Padahal klub klub LSI sangat membutuhkan dana untuk operasional tim.

Selain itu kadang-kadang karena adanya permusuhan antar kelompok suporter, ijin pertandingan dari pihak keamanan dipersulit. Adakalanya pertandingan harus digelar tanpa penonton atau digelar di tempat yang jauh dari home base klub tersebut. Kalau sudah begitu siapa yang rugi???

Jadi kalo kita benar-benar mencintai klub yang kita banggakan dan mencintai sepakbola marilah kita tanggalkan permusuhan diantara kita. Demi kemajuan klub yang kita bela, demi Liga Super Indonesia... dan demi masa depan sepakbola Indonesia mari kita jalin persaudaraan dengan suporter lain... Bisa kan??
Share this article now on :