Pelita Jaya Taklukkan Juara Bertahan, Persipura


Pelita Jaya
Tim asuhan Rahmad Darmawan, Pelita Jaya berhasil mengalahkan juara bertahan Liga Super Indonesia, Persipura Jayapura. Gol-gol kemenangan Pelita Jaya masing-masing dicetak oleh striker negeri jiran, Safee Sali pada menit 48 dan 61, serta Greg Nwokolo pada menit 86. Sedangkan gol untuk Persipura dipersembahkan oleh Zah Rahan Karangar pada menit 44 dan 66.

Pada laga yang disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi ANTV ini, Rahmad Darmawan menurunkan skuad terbaiknya. Di barisan penyerang duet Greg Nwokolo dan Safee Sali kembali menjadi tumpuan untuk mencetak gol setelah pada laga sebelumnya saat dijamu Arema Indonesia, Safee Sali tidak bisa diturunkan karena membela Timnas Malaysia.

Mengandalkan Egi Melgiansyah dan John Takpor di lini tengah, Pelita Jaya berhasil menguasai jalannya permainan, sehingga alur serangan Pelita Jaya begitu lancar. Alhasil beberapa peluang berhasil mereka raih.

Asyik menyerang, pada menit 44 gawang Pelita Jaya justru harus kebobolan terlebih dahulu. Dengan skema serangan balik cepat, Zah Rahan Karangar berhasil memaksimalkan umpan akurat Alberto Goncalves. Sebuah tendangan akurat Zah Rahan
Karangar ke sisi kanan gawang Pelita berhasil menaklukkan kiper Pelita Jaya, I Made Wardana. Kedudukan 0-1 untuk keunggulan Persipura bertahan sampai babak pertama usai.

Pada babak kedua, Pelita Jaya langsung menggebrak pertahanan Persipura. Dan hasilnya, pada menit menit 48 Safee Sali berhasil mencetak gol balasan ke gawang Persipura yang dijaga Yoo Jae Hoon, sehingga kedudukan menjadi 1-1.

Pada menit ke-61, Pelita Jaya mendapat hadiah tendangan penalti setelah pemain Persipura dinilai wasit melakukan pelanggaran pada Greg Nwokolo di kotak penalti. Walaupun mendapatkan protes keras dari para pemain Persipura, wasit tetap pada keputusannya. Safee Sali yang menjadi algojo sukses mengeksekusi tendangan penalti tersebut sehingga skor menjadi 2-1 untuk keunggulan Pelita Jaya.

Selepas gol ini, pertandingan berjalan keras yang diwarnai dengan benturan-benturan keras. Keunggulan tim tuan rumah tersebut hanya bertahan 5 menit. Zah Rahan Karangar berhasil menyamakan kedudukan dengan menjebol gawang I Made Kadek Wardana lewat tendangan lob ke sisi kanan gawang Pelita.

Pelita Jaya kembali unggul pada menit ke-86 melalui gol yang dicetak Greg Nwokolo. Tendangan bebas yang diambilnya berhasil mengecoh pemain dan kiper Persipura, Yoo Jae Hoon. Gol ini menjadi gol penutup pada pertandingan ini, sehingga kedudukan akhir laga Pelita Jaya melawan Persipura adalah 3-2 untuk kemenangan Pelita Jaya.

Raihan tiga angka ini membuat posisi Pelita Jaya di klasemen sementara Indonesia Super League merangkak naik ke posisi 7 dengan torehan 31 angka menggeser Mitra Kukar. Sedangkan bagi Persipura, kekalahan ini membuat mereka gagal merebut posisi
puncak klasemen Liga Super Indonesia dari Sriwijaya FC.
Share this article now on :