AFC Tawarkan Penyeragaman Kompetisi


AFC
Terkait dengan penyelenggaraan kompetisi di negara-negara Asia, Federasi Sepak Bola Asia (AFC) menawarkan penyeragaman dalam hal jadwal dan pola kompetisi untuk seluruh federasi sepak bola di Asia mulai tahun depan.

Tawaran dari Federasi Sepak Bola Asia (AFC) tersebut menurut Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin, akan dikemukakan dalam acara Kongres Tahunan FIFA yang akan diselenggarakan di Budapest, Hungaria pada 24-27 Mei mendatang. Hal tersebut diungkapkan Djohar Arifin di kantor PSSI, Senin (14/5/2012).

"Ada kesepakatan AFC dan AFF bahwa akan ada penyeragaman waktu kompetisi. Kalau di Indonesia kan kompetisinya mulai Oktober. Maka kalau sepakat, mulai tahun depan kompetisi mulai Januari atau Februari."

Menurut pendapat Djohar Arifin, jika tawaran yang disampaikan AFC tersebut terlaksana maka hal tersebut akan memudahkan Indonesia. Alasannya, kompetisi di Indonesia yang saat ini sedang berjalan akan berakhir pada bulan Juli 2012. dengan demikian klub-klub di Indonesia memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan diri menghadapi musim kompetisi selanjutnya.

"Masing-masing klub punya banyak waktu mulai Juli sampai Desember 2012. Bisa menyiapkan waktu untuk merekrut pemain atau mencari sponsor. Jadi kami harap kompetisi 2013 menjadi semakin meriah," ungkapnya.

Manfaat lain dari penyeragaman waktu kompetisi ini menurut Djohar adalah semakin mudahnya klub Indonesia untuk memainkan pemain luar negeri yang sebagian besar dari mereka adalah pemain-pemain dari negara Asia.
Share this article now on :