Hasil Lengkap Kongres Tahunan PSSI


Hasil Lengkap Kongres Tahunan PSSI
Kongres Tahunan PSSI yang diselenggarakan di Palangkaraya telah berakhir lebih cepat dari jadwal yang direncanakan semula. Kongres yang direncakan akan selesai sekitar pukul delapan malam WIB ternyata telah selesai pada jam 12 siang, atau hanya berlangsung sekitar 3 jam saja.

Dari Kongres Tahunan PSSI tersebut dilahirkan beberapa pernyataan, berikut ini adalah poin-poin yang ditelurkan dalam Kongres Tahunan tersebut dikutip dari Inilah.com:

1. Berdasarkan Roll Call yang dilakukan Sekjen PSSI, Kongres tahun 2012 dihadiri oleh 94 peserta sah dari 97 pemilik suara yang diundang. Rinciannya adalah 31 Pengprov, 12 IPL, 16 Divisi Utama, 14 Divisi 1, 12 Divisi 2 dan 9 Divisi 3.

2. Kongres juga dihadiri peninjau berasal dari klub-klub yang berlaga di kompetisi PSSI dan Pengcab yang ingin mendukung kegiatan PSSI. Jumlah peninjau adalah 354 orang dari anggota PSSI.

3. Agenda dapat diterima dan disahkan dengan revisi untuk urutan acara pembahasan. Calon anggota baru diterima menjadi 49 dan sebanyak 24 lagi akan diklarifikasi.

4. Peserta peneliti hasil notulen adalah Suraira Nahan (Kalimantan Tengah) dan Akmal (Persiraja)

5. Peserta pemeriksa pemungutan suara. Wahyu Utama (Pro Duta), Hengky Kowala (Manado) dan Supraswoto (Surabaya Muda).

6. Usulan pengangkatan Dewan Kehormatan (Arifin Panigoro dan George Toisutta) akan diproses sesuai statuta, yaitu diusulkan melalui Exco dan disahkan oleh Kongres.

7. Diusulkan pergantian 4 anggota Exco yang telah diberhentikan sesuai keputusan Komite Etik PSSI dan akan dibahas oleh Exco serta dikonsultasikan dengan FIFA.

8. Diterima usulan perubahan statuta dengan membentuk tim perumus dan perubahan akan dilakukan dengan melakukan komunikasi dengan AFC dan FIFA. Hasil perubahan yang telah dikomunikasikan dengan FIFA/AFC akan disahkan pada Kongres berikutnya.

9. Kongres menyetujui penguatan skorsing kepada 33 klub yang telah diputuskan Exco karena mengikut breakaway league. Namun, kepada seluruh klub tersebut terbuka kesempatan untuk kembali dengan syarat menyampaikan pernyataan kembali bergabung secara tertulis dan terpublikasikan, berjanji untuk memenuhi statuta dan ketentuan yang berlaku.

10. Dana bantuan penyelenggaraan kompetisi amatir diberikan PSSI agar kompetisi berjalan adil, lancar dan berkualitas.

11. PSSI diberikan kewenangan oleh Kongres untuk menyelesaikan dualisme kompetisi dengan berlandaskan lima skema penawaran yang telah diajukan ke KONI pada 12 dan 14 Mei 2012.

12. LPIS (PT Liga Prima Indonesia Sportindo) adalah penyelenggara kompetisi satu-satunya yang sah yang dibentuk PSSI dan telah mendapat persetujuan AFC/FIFA.

13. Laporan keuangan PSSI periode 11 Juli - 30 Desember 2012 yang disampaikan bendahara PSSI diterima Kongres dengan suara bulat karena tidak ditemukan kejanggalan dalam pengelolaan dan penggunaannya.

14. Seluruh program dapat diterima dan disahkan dengan penajaman di beberapa kegiatan tertentu
Share this article now on :