CAS Sementara Kabulkan Gugatan Persipura


CAS Sementara Kabulkan Gugatan Persipura
Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) mengeluarkan putusan sela yang mengabulkan gugatan Persipura Jayapura untuk tampil pada playoff Liga Champions Asia (LCA) 2012. Keputusan ini belum final.

CAS menawarkan prosedur dipercepat kepada pihak-pihak terkait dalam perkara ini, yang jika hal itu diterima semua pihak, keputusan final CAS akan dikeluarkan sebelum 10 Februari mendatang.

Dalam surat keputusan CAS tertanggal 1 Februari 2012, yang salinannya dilihat Kompas, CAS mengeluarkan tiga keputusan sela. Pertama, mengabulkan permohonan Persipura yang diwakili pengacara Jean-Louis Dupont agar CAS mengeluarkan keputusan sela.

Kedua, menyatakan Persipura berhak tampil pada playoff Liga Champions Asia 2012. Ketiga, biaya dalam perkara ini bakal ditentukan setelah keputusan final dikeluarkan CAS. Kasus ini melibatkan empat pihak, yakni Persipura sebagai penggugat, PSSI pihak tergugat pertama, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC pihak tergugat kedua, dan klub Adelaide United (Australia).

CAS, yang bermarkas di Lausanne, Swiss itu, memberi waktu kepada semua pihak untuk memberikan tanggapan atas tawaran dipilihnya prosedur yang dipercepat (expedited procedure) hingga Kamis (2/2) ini pukul 15.00 waktu Eropa Tengah.

Jika prosedur ini diterima semua pihak, CAS memberi waktu pada pihak tergugat untuk memberikan tanggapan dan bukti-bukti hingga Senin mendatang (6/2/2012). Setelah itu, CAS memberi kesempatan pihak penggugat untuk memberikan tanggapan balik, keesokan harinya atau hari Selasa (7/2/2012).

Terkait tawaran prosedur yang dipercepat itu, pihak Adelaide United telah menyampaikan penolakan mereka. Adelaide United terlibat dalam kasus ini karena mereka awalnya harus tampil pada playoff Liga Champions di Zona Timur bersama Pohang Steelers (Korea Selatan), Persipura (Indonesia), dan juara Piala FA Thailand.

Dalam keterangan resminya pada 6 Desember 2011, AFC menyatakan karena Persipura dan Liaoning Whowin (China) tidak berpartipasi, peserta playoff Zona Timur hanya diikuti tiga tim. Melalui undian, Adelaide United mendapat tiket langsung tampil di babak utama LCA yang bakal kick-off 6 Maret mendatang.

Pohang Steelers dan juara Piala FA Thailand harus menjalani playoff yang dijadwalkan 18 Februari mendatang. AFC sebenarnya memberi jatah pada Persipura, sebagai juara Liga Indonesia 2011, untuk tampil pada playoff LCA, selain pada Arema Indonesia di Piala AFC.

Melalui surat tertanggal 14 Desember 2011, AFC mengkonfirmasi tidak tampilnya Persipura setelah mereka menerima surat PSSI tanggal 2 Desember 2011.

Persipura menuduh PSSI sengaja tidak mengirimkan Persipura sebagai peserta playoff LCA karena klub juara Liga Indonesia 2011 itu memilih tampil di Liga Super Indonesia, yang dikelola PT Liga Indonesia, dan tidak diakui PSSI sebagai kompetisi resmi. Itu sebabnya, Persipura mengajukan gugatan ke CAS yang Rabu kemarin mengeluarkan keputusan selanya.

(source: Kompas.com)
Share this article now on :