Apa Kata RD Tentang Larangan Pemain ISL Ikut Timnas?


Rahmad Darmawan - Pelatih Timnas U-23
Menyikapi pernyataan Ketua Umum PSSI Djohar Arifin yang mengatakan bahwa pihaknya tak akan memanggil para pemain yang berlaga di Super Liga Indonesia ke timnas, pelatih timnas Indonesia U-23 Rahmad Darmawan menilai kebijakan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) tersebut tidak tepat. Ia menilai PSSI sebaiknya menyelesaian dualisme kompetisi, bukan melarang pemainnya masuk ke timnas.

Seperti banyak diberitakan di media massa bahwa Ketua Umum PSSI Djohar Arifin dalam jumpa pers di Hotel Kartika Chandra Kamis malam, 8 Desember 2011 mengatakan pihaknya tak akan memanggil para pemain yang berlaga di Super Liga Indonesia ke timnas. Djohar beralasan FIFA melarang timnas diisi para pemain yang berlaga di liga tak resmi.

Menurut Rahmad Darmawan larangan para pemain Liga Super memperkuat timnas akan memangkas kewenangan pelatih yang seharusnya diberi kebebasan memilih setiap pemain tanpa harus dibatasi dari liga tertentu. Masih menurut RD, seorang pelatih timnas harus bisa memilih pemain terbaik di Indonesia.

Kekhawatiran RD atas kebijaksanaan PSSI tersebut sangatlah beralasan karena sebagian besar pemain tim nasional bermain di tim yang berkompetisi di Liga super Indonesia, jadi kekuatan tim nasional kemungkinan akan menurun drastis.
Share this article now on :