Alasan PSSI Belum Merespon Tuntutan KLB


Terkait belum adanya respon dari PSSI terhadap tuntutan KLB dari Komite Penyelamat Sepakbola Indonesia (KPSI) yang memberibatas waktu sampai tanggal 28 Desember, Juru bicara PSSI Eddy Elison mengatakan setidaknya ada tiga alasan mengapa PSSI tidak bisa memenuhi deadline tersebut. Berkiut ini adalah alasan-alasannya:

  • Pertama, PSSI sedang libur Natal dan tahun baru hingga 2 Januari 2012 mendatang
  • Kedua,saat ini ada tiga anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI yang sedang berada di luar negeri. Padahal, salah satu syarat yang harus dilakukan untuk bisa menggelar KLB sesuai aturan main, harus didahului persetujuan Exco melalui rapat yang dilakukan.
  • Ketiga, belum dibentuk tim verifikasi, yang nantinya akan bertugas memastikan apakah permintaan KLB itu benar-benar datang dari klub anggota atau bukan.

KPSI sendiri menyikapi masalah jatuh tempo tersebut KPSI segera mempersiapkan Kongres tahunan PSSI yang akan digelar pada 21 Januari 2011 untuk membentuk Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan guna menuju Kongres Luar Biasa di Surabaya pada 6 Maret 2011 yang akan menyusun kembali kepengurusan PSSI yang kredibel dan dapat mematuhi Statuta FIFA dan PSSI.

Untuk memenuhi aspek legalitas dari penyelenggaraan Kongres Luar Biasa (KLB) itu sendiri, menurut penjelasan Ketua Komite Penyelamat Sepakbola Indonesia (KPSI) Tony Apriliani, pihaknya secepatnya akan mengirimkan bundel tuntutan 452 anggota PSSI ke Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) dan FIFA sebagai barang bukti tentang adanya tuntutan KLB.
Share this article now on :