Jadwal Yang Berantakan Akhirnya Diklarifikasi PT Liga Prima Sportindo


Liga Prima Indonesia
Menanggapi sorotan masyarakat sepakbola nasional mengenai Jadwa Liga Prima Indonesia akhirnya PT Liga Prima Indonesia Sportindo buka suara. Melalui rilis yang dikirim ke Goal.com PT Liga Prima Sportindo mengklarifikasi jadwal pertandingan Liga Prima Indonesia (IPL) musim 2011/12.

PT Liga Prima Sportindo melalui Abi Hasantoso dalam rilisnya menyatakan bahwa konfederasi sepakbola Asia (AFC) hanya meminta satu pertandingan IPL pada bulan Oktober, sesuai dengan batas waktu yang diberikan. Namun, komite eksekutif (Exco) meminta supaya ada lima pertandingan pada Oktober 2011, sehingga PT Liga Prima mengeluarkan dua draft jadwal pertandingan awal.

Pada draft pertama, terdapat lima laga yang semustinya dilaksanakan sesuai permintaan Exco adalah laga Persib Bandung melawan Semen Padang pada 15 Oktober, Persiba Bantul versus Persipura Jayapura (16/10), Deltras Sidoarjo berhadapan dengan Persema Malang (17/10), Persib menjamu Persipura (19/10), dan Persisam Samarinda ditantang Persiba Balikpapan (22/10).

“Namun setelah me-review persiapan tim-tim tersebut, hanya ada satu partai pertandingan yang kedua timnya siap bertanding, yaitu Persib melawan Semen Padang sebagai pertandingan pembuka IPL di Stadion Si Jalak Harupat Bandung, 15 Oktober 2011,” demikian pernyataan PT Liga Prima.

Dengan demikian, empat laga lainnya terpaksa tidak bisa digelar dengan berbagai alasan. Persipura menyatakan tak siap menghadapi laga melawan Persiba. Begitu juga dengan Persema yang belum siap berhadapan dengan Deltras. Kondisi serupa dialami Persisam dan Persiba. Sementara Persib tak mau melakoni dua laga.

“PT Liga Prima kemudian mengeluarkan draft kedua yang disampaikan dalam pertemuan manajer pada 13 Oktober. Draft kedua ini hanya berisikan satu pertandingan di bulan Oktober sesuai permintaan atau rekomendasi AFC. Hal ini sudah dikonsultasikan antara AFC dan ketua komite kompetisi PSSI [Sihar Sitorus],” kata PT Liga Prima Sportindo.

“Karena berlangsung penyelenggaraan SEA Games 2011, pertandingan-pertandingan IPL akan berlanjut lagi mulai 26 November 2011. Jadwal resmi IPL akan dirilis dengan surat pengantar yang sah, dan ditandatangani CEO IPL, dan diketahui Ketua Umum PSSI dan Ketua Komite Kompetisi PSSI.”

Sayang dalam rilis tersebut tidak dijelaskan kenapa dalam draft pertama ada tim yang harus bertanding 2 kali dalam satu hari atau kenapa ada tim yang harus bolak balik dari Indonesia Timur terus ke Indonesia Barat dan balik lagi ke Indonesia Timur dalam waktu yang mepet. Namun semoga saja Jadwal Resmi Liga Prima Indonesia 2011-2012 yang akan dirilis nanti semua kekurangan yang ada di draft Jadwal terdahulu bisa diperbaiki dan kompetisi berjalan sesuai rencana pada tanggal 26 November 2011.

(source Goal.com)
Share this article now on :