PSSI: Klub Harus Mendepositkan Uang 5 Milyar Untuk Ikut Kompetisi!


Liga Super Indonesia
Menyongsong kompetisi Liga Indonesia musim kompetisi 2011/2014  yang akan datang, PSSI berencana akan mengeluarkan peraturan-peraturan baru yang berhubungan dengan klub dan pemain. Dalam hal ini PSSI akan membermemberlakukan sejumlah persyaratan ketat untuk klub-klub peserta khususnya soal gaji pemain dan keuangan klub.

Berkaitan dengan gaji pemain, PSSI memberlakukan peraturan bahwa setiap klub peserta Kompetisi Level 1 hanya boleh memberikan pemain lokal maksimal kontrak Rp 500 juta per musim dengan kontrak minimal tiga tahun. Sedangka untuk klub peserta kompetisi level 2 gaji pemain lokal per musim maksimal Rp 350 juta per musim, juga dengan kontrak minimal tiga tahun.

Sedangkan mengenai pemain bintang, PSSI akan menerapkan peraturan bagi setiap yang ingin memiliki pemain bintang atau ikon klub yang biasa disebut marquee player. PSSI hanya memperkenankan setiap klub mempunyai  satu pemain Marquee Player demi memenuhi budget cap senilai Rp 15 M (peserta kompetisi level 1) atau 8 M untuk klub peserta kompetisi level 2.

PSSI juga akan menerapkan syarat awal bagi setiap klub profesional yang ingin berkompetisi di level satu, yaitu harus mendepositkan uang senilai Rp 5 M dan budgeting cap senilai Rp 15 M. Yang dimaksud budgeting cap adalah dana setiap klub per musimnya dibatasi hanya 15 M, agar tidak terjadi lagi kesulitan keuangan yang dialami beberapa klub di kompetisi musim lalu. Sedangkan untuk level dua, awal deposit adalah Rp 2 M dan budgeting cap sebesar Rp 8 M.

Bukan saja masalah keuangan klub yang akan diawasi ketat oleh PSSI, mulai musim depan PSSI juga akan memangkas jumlah pemain asing yang merumput di Indonesia. Pada musim kompetisi yang akan datang setiap klub dibatasi hanya boleh memiliki pemain asing non Asia 3 orang dan pemain asing Asia 1 orang saja.

(sumber: berbagai media)
Share this article now on :