Liga Super Indonesia (LSI) Dilebur Dengan LPI??


PSSI mulai hari ini (3 Agustus) sampai besok akan menggelar pertemuan dengan klub-klub Liga Super Indonesia (LSI), Liga Primer Indonesia (LPI) dan divisi Utama. Pertemuan ini dilakukan dalam rangka membicarakan niatan PSSI untuk melebur Liga Super Indonesia (LSI) dengan LPI. Dalam pertemuan yang dihadiri 18 klub peserta LSI, 19 klub LPI dan 39 klub Divisi Utama akan dihadirkan pembicara dari AFC dan FIFA.
Liga Super Indonesia

PSSI mengaku sudah menyiapkan beberapa opsi peleburan yang rencananya akan ditawarkan dalam pertemuan dengan klub-klub LSI, LPI, dan Divisi Utama tersebut. Diharapkan dengan adanya opsi-opsi tersebut bisa  menghindari gejolak yang mungkin timbul dari adanya rencana peleburan tersebut.

Anggota Komite Eksekutif PSSI, drg. Toni Aprilani  mengatakan bahwa salah satu opsi peleburan tersebut antara lain penggabungannya berlaku untuk klub-klub LPI yang sudah memiliki pembinaan berjenjang seperti Persema Malang, PSM Makassar, dan Persebaya Surabaya. Selain itu opsi lain yang ditawarkan adalah melalui jalur promosi degradasi, penilaian AFC, pembagian wilayah atau merger dua tim sekota.

Lebih lanjut drg. Toni Aprilani mengatakan bahwa PSSI akan tetap mempertimbangkan asas keadilan dalam peleburan Liga Super Indonesia (LSI) dengan LPI ini. Karena itulah dalam pertemuan dengan klub-klub nanti PSSI menawarkan beberapa opsi agar tidak menimbulkan masalah atau gejolak.

Mengenai opsi format kompetisi yang akan melakukan pembagian dua wilayah, menurut Toni, PSSI mempertimbangkan kekuatan pendanaan tim-tim peserta. Dengan adanya pembagian wilayah  diharapkan nantinya tidak ada lagi tim dari Banda Aceh harus terbang ke Papua yang akan menghabiskan biaya besar. Namun Toni mengungkapkan semua itu masih akan ditawarkan kepada klub-klub profesional.

Nah, seperti apa format kompetisi Liga Super Indonesia musim kompetisi 2011/2012, kita tunggu saja hasil pertemuan yang akan digelar pada tanggal 3-4 Agustus tersebut.

Semoga saja pertemuannya berjalan lancar dan menghasilkan solusi terbaik bagi semua klub dan persepakbolaan Indonesa. Sehingga PSSI bisa segera menyusun jadwal pertandingan Liga Super Indonesia 2011/2012 dan kita penggemar sepakbola Indonesia bisa segera menikmati pertandingan-pertandingan bermutu di kompetisi Liga Super Indonesia.
Share this article now on :