Format Kompetisi Liga Profesional Indonesia 2011-2012

Terkait Format Kompetisi Liga Profesional Indonesia 2011-2012, PSSI memutuskan untuk membagi Kompetisi profesional musim depan diputuskan PSSI dibagi ke dalam dua strata, dimana strata teratasnya dibagi lagi ke dalam dua wilayah yang masing-masing berisikan 16 klub. Sedangkan Liga profesional strata 2 dibagi 4 wilayah, masing-masing 12 klub, sehingga  total peserta adalah 48 klub.

Hal tersebut dijalaskan oleh Ketua bidang kompetisi PSSI Sihar Sitorus dalam pengumuman proses assesement di kantor PSSI, Kamis (25/8/2011). Berikut ini adalah  keterangan yang diumumkan Sihar terkait laporan assesement untuk kompetisi liga profesional PSSI musim 2011/12:
  • Lebih dari 10 klub profesional dari musim lalu (ISL) tidak memiliki laporan keuangan yang telah diaudit.
  • Tidak ada satupun klub yang mampu memenuhi seluruh persyaratan klub profesional sesuai dengan standar Liga Champions Asia.
  • Klub yang telah menyerahkan deposit partisipasi atau bank garansi kepada PSSI berasal bukan dari level ISL dan Divisi Utama klasemen terakhir, tetapi dari Divisi di bawah.
  • Selanjutnya Komite Kompetisi PSSI memutuskan membagi Kompetisi Profesional ke dalam dua strata:
1. Kompetisi Liga profesional strata 1 dibagi 2 wilayah, masing-masing wilayah berisi 16 klub. Total peserta 32 klub.
2. a) Liga profesional strata 2 dibagi 4 wilayah, masing-masing 12 klub. Total peserta 4 klub.
b) Karena level 2 masih butuh 10 klub tambahan dan memenuhi kuota tersebut, maka PSSI masih membuka kesempatan kepada 10 klub dari divisi 1 di luar klasemen musim lalu untuk ikut pada kompetisi level 2. Dengan catatan klub tersebut dapat memuni syarat yang telah diwajibkan (berbadan hukum PT).

Komentar

Postingan Populer