Format Kompetisi Liga Indonesia Akan Diumumkan 25 Agustus


AFC menetapkan tanggal 14 Oktober sebagai batas penyelesaian persyaratan bagi klub-klub calon peserta Kompetisi Liga Indonesia. Hal tersebut diputuskan setelah mengadakan Assessment Workshop bersama yang diikuti oleh  perwakilan klub-klub di Hotel Sahid dab AFC , Rabu (3/8/2011).

Liga Super Indonesia
(Foto: bola.kompas.com)
Adapun aspek-aspek yang harus dipenuhi oleh klub calon peserta Liga Indonesia terdiri dai 5 aspek. Lima aspek kompetisi yang harus dipenuhi tersebut adalah:
  1. finansial,
  2. legal,
  3. sporting (keolahragaan),
  4. infrastruktur
  5. administrasi perseorangan.
Jika tidak bisa memenuhi persyaratan yang diajukan oleh AFC pada tanggal 14 Oktober, maka Indonesia akan menadapatkan sanksi yaitu tidak bisa mengirimkan wakilnya ke kompetisi Asia selama tiga musim ke depan.

Klub-klub calon peserta kompetisi Liga Indonesia musim 2011/2012 mempunyai waktu sekitar dua bulan hingga 14 Oktober, seperti yang telah ditentukan AFC, untuk mendaftar dan menjalani proses verifikasi kelayakan sebagai peserta kompetisi Liga Indonesia.

Klub-klub harus menyiapkan dokumen mulai tanggal 3-21 Agustus. Dokumen tersebut dimasukkan ke PSSI pada 22 Agustus dan sehari setelahnya, PSSI mulai melakukan verifikasi. Pada saat yang sama klub menyetorkan participation deposit ke rekening PSSI. Klub tersebut harus menyerahkan surat jaminan atas kesanggupan pembiayaan klub selama tiga musim kompetisi.

PSSI berencana akan mengumumkan  peserta kompetisi serta format kompetisi Liga Indonesia pada tanggal 25 Agustus mendatang. Pada tanggal tersebut  akan terlihat atau diketahui bagaimana struktur liga profesional Indonesia yang baru. Sebagai perbandingan. menurut aturan FIFA dan AFC, jumlah ideal peserta sebuah kompetisi adalah 18 hingga 22 klub.

Untuk pelaksanaan kompetisi itu sendiri PSSI berencana untuk mulai menggelar Liga Indonesia musim kompetisi2011/2012 pada 8 Oktober 2011 atau enam hari sebelum batas akhir sementara yang telah ditentukan oleh Konfederasi Sepakbola Asia atau AFC.
(source: berbagai media)
Share this article now on :