Turkmenistan Vs Indonesia.. Siapa lebih Unggul?


Mereka-reka hasil pertandingan antara Timnas Indonesia melawan Turkmenistan pada PPD 2014 cukup menarik untuk dikemukakan, mengingat Level Timnas Indonesia dengan Turkmenistan tidak terpaut jauh. Bahkan kalau dilihat dari ranking FIFA Indonesia lebih unggul. Bertdasarkan ranking FIFA, Indonesia berada pada peringkat 132 sedangkan Turkmenistan berada pada peringkat 143.

Jika memperhatikan sejarah pertemuan Indonesia melawan Turkmenistan di masa lalu, Indonesia dan Turkmenistan sama-sama pernah saling mengalahkan. Namun di pertandingan terakhir (timnas U-23) Indonesia menuai kekalahan. Tapi hasil pertandingan di masa lalu antara Turkmenistan melawan Indonesia tidak bisa dijadikan patokan untuk memperkirakan hasil pertandingan kali ini, mengingat tim yang sekarang bertanding adalah tim yang berbeda. Kabarnya tim Turkmenistan 50% pemainnya adalah pemainU-23 yang tempo hari mengalahkan timnas U-23 Indonesia. Mesti diingat yang sekarang mereka hadapi adalah timnas Senior Indonesia yang tentu saja kekuatannya berbeda dengan tim U-23. Jadi sekali lagi rekor pertandingan di masa lalu tidak bisa dijadikan patokan terhadap hasil pertandingan kali ini.

Mungkin yang paling membedakan antara timnas Indonesia dengan Turkmenistan adalah persiapan tim, dimana Timnas Turkmenistan persiapannya jauh lebih baik daripada timnas Indonesia. Seperti yang kita ketahui bersama timnas Indonesia persiapannya sangat mepet. Timnas Indonesia hanya berlatih beberapa hari untuk pertandingan ini. Selain itu pergantian pelatih yang mendadak pun merupakan suatu faktor yang mungkin akan mempengaruhi kekuatan timnas Indonesia.

Selain itu faktor lain yang menjadi keunggulan timnas Turkmenistan adalah faktor fisik pemain. Seperti kita ketahui rata-rata tinggi badan pemain Turkmenistan berada di atas rata-rata pemain Indonesia. Walaupun hal ini bukan merupakan faktor utama penentu kemenangan tapi tidak bisa disangkal bahwa hal ini akan menimbulkan kesulitan tersendiri untuk menghadapi Turkmenistan, apalagi timnas Indonesia kondisi fisiknya tidak fit 100%, mengingat mereka baru menjalani liburan dan latihan yang mepet tidak bisa mengembalikan kondisi fisik mereka ke posisi yang maksimal.

Keuntungan lain dari Turkmenistan adalah karena untuk leg pertama ini bertindak sebagai tauan rumah. Biasanya tim manapun jika bertindak sebagi tuan rumah memiliki motivasi yang lebih dan semangat juang tinggi karena dukungan penuh dari para pendukungnya. Semoga saja para pemain timnas Indonesia bisa mengatasi tekanan dari penonton tuan rumah dan bisa cepat beradaptasi dengan cuaca di Turkmenistan.

Apapun yang dikemukan dia atas bukanlah alasan untuk menjadi pesimis. Sepakbola bukanlah matematika... sepakbola bukan pertandingan di atas kertas. Seperti banyak dikatakan orang, "bola itu bundar" semua masih mungkin terjadi dan hasil pertandingan akan ditentukan di atas lapangan hijau selama 2X45 menit. Semoga kekompakkan timnas Indonesia dan semangat juang yang tinggi bisa membuahkan hasil yang manis di Turkmenistan dan kita tunggu saja bagaimana hasil pertandingan antara Indonesia melawan Turkmenistan ini.
Share this article now on :