Tim-tim Tangguh Asia Menunggu Indonesia di Putaran Ketiga PPD 2014

Liga Super Indonesia

Setelah sukses menyingkirkan Turkmenistan 4-3 di leg 2 putaran kedua Pra Piala Dunia 2012, Kamis 28 Juli 2011, Indonesia pun  lolos ke putaran ketiga Pra Piala Dunia 2014. Di putaran ketiga Pra Piala Dunia/PPD 2014 ini tim-tim tangguh Asia telah menunggu sedangkan Indonesia sendiri menjadi salah satu unggulan paling bawah.

Skuad Garuda akan bergabung bersama Korea Utara, Thailand, Singapura dan Lebanon di pot 4 atau unggulan terakhir. Dasar penempatan di tiap pot adalah  peringkat FIFA paling baru  yang dirilis pada tanggal 27 Juli lalu. Indonesia sendiri berada di peringkat 137 FIFA di bawah peringkat Thailand dan Singapura. Indonesia  hanya unggul atas Lebanon yang berada di peringkat 159 FIFA.

Negara-negara raksasa sepakbola Asia seperti Jepang, Australia, Korea Selatan, Iran dan China berada di unggulan pertama atau pot 1. Sedangkan  Uzbekistan, Qatar, Yordania, Arab Saudi dan Kuawit menjadi unggulan kedua atau pot 2. Dan sebagai unggulan ketiga adalah Bahrain, Syria, Oman, Irak dan Uni Emirat Arab.

Di putaran ketiga PPD 2014, 20 tim tersebut akan dipecah menjadi lima grup, dimana tiap grup akan berisikan empat tim. Masing-masing tim di pot 4 akan menduduki posisi terbawah di masing-masing grup. Tim-tim di pot 3 akan menduduki posisi ketiga, tim di pot 2 akan menduduki posisi kedua dan lima unggulan teratas di pot 1 akan menduduki posisi pertama di masing-masing grup.

Babak ketiga PPD 2014 ini aka dilakukan dengan sistem home and away. Tim yang berhak maju ke putaran ke empat adalah juara grup dan runner-up grup. Kemudian 10 tim yang lolos dari putaran ketiga ini akan dibagi menjadi dua grup yang berisikan lima tim di putaran keempat. Tim yang menjadi juara dan runner-up di putaran keempat inilah yang akan mewakili Asia di putaran final Piala Dunia 2014.

Dari 20 tim yang memastikan langkah ke putaran ketiga, tinggal Oman yang posisinya belum pasti. Pasalnya, di leg 2 putaran kedua melawan Myanmar pertandingan harus dihentikan pada menit ke-39 karena amarah suporter Myanmar. Oman memang hampir dipastikan lolos setelah unggul 2-0 saat pertandingan dihentikan dan sementara unggul agregat 4-0.

Drawing putaran ketiga Pra Piala Dunia 2014 zona Asia rencananya akan dilakukan oleh legenda Brasil, Zico di Marina da Gloria. Namun sayang  sampai sekarang  jadwal pasti putaran ketiga Pra Piala Dunia 2014 zona Asia belum jelas.

Seeding Putaran 3 Pra Piala Dunia 2014 zona Asia adalah sebagai berikut:

Pot 1  : Australia, China, Jepang, Iran dan Korea Selatan

Pot 2  : Arab Saudi, Uzbekistan, Qatar, Yordania dan Kuwait

Pot 3  : Bahrain, Syria, Irak, Uni Emirat Arab dan Oman (belum pasti )

Pot 4   : Korea Utara,Thailand, Singapura, INDONESIA dan Lebanon

Komentar

Postingan Populer